02 Oktober 2009

MASYARAKAT PENANGGULANGAN BENCANA INDONESIA INDONESIAN SOCIETY FOR DISASTER MANAGEMENT





MASYARAKAT PENANGGULANGAN BENCANA INDONESIA
INDONESIAN SOCIETY FOR DISASTER MANAGEMENT


Sekretariat: Jl. Kebon Sirih No. 5 G Jakarta 10340 - Indonesia
Tel/Fax: +62-21-3147321 / 3103535 Email: info@mpbi.org Website: http://www.mpbi.org


HIMBAUAN
MASYARAKAT PENANGGULANGAN BENCANA INDONESIA (MPBI)
ATAS
BENCANA GEMPA BUMI DI RANAH MINANG


Pada tanggal 30 September 2009, pukul 17.15 WIB terjadi gempa tektonik dengan kekuatan 7,6 SR di Sumatera Barat dengan dampak tingkat kerusakan tinggi, korban jiwa mencapai ratusan dan ribuan orang mengungsi .
Dengan keprihatinan yang mendalam atas bencana yang terjadi di Ranah Minang ini Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia (MPBI) menyampaikan sikap sebagai berikut:

1. Mendesak kepada Pemerintah untuk menetapkan bencana gempa bumi ini sebagai BENCANA NASIONAL.
2. Mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengambil langkah-langkah cepat sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.
3. Mendesak Kementerian dan Lembaga yang terkait dengan penanggulangan bencana segera melakukan tindakan tanggap darurat sesuai dengan Standard Operating Procedures (SOP) yang telah ditetapkan sesuai dengan tugas`pokok dan fungsi masing-masing.
4. Mendorong Pemerintah dan DPR RI untuk segera menyetujui penggunaan dana on call (siap pakai) guna percepatan tanggap darurat.
5. Mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mengerahkan segala sumberdaya dalam melakukan evakuasi korban dan penyaluran bantuan.
6. Mengharapkan kepada kepada NGO internasional serta seluruh komunitas penggiat penanggulangan bencana untuk bahu membahu menggalang kepedulian dan solidaritas kemanusiaan bagi masyarakat korban bencana di Sumatera Barat dan sekitarnya.
7. Mendesak diimplementaskan standar pelayanan minimum (SPM) nasional dan internasional bagi korban bencana dan terpenuhinya hak-hak dasar korban bencana.
Demikian pernyataan sikap ini disampaikan dengan harapan untuk ditindaklanjuti oleh seluruh pemangku kepentingan penanggulangan bencana.

Jakarta, 1 Oktober 2009
Sekretaris Jenderal MPBI
Faisal Djalal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

trims telah berbagi apapun, mungkin saya yang salah dan anda yang lebih mengerti, jangan sungkan untuk mengkritik saya...oke !

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Racikan Obat Herbal
CAMPAKA KAROMAH Khusus Untuk Direbus/Godogan, Insyaallah Dapat Menyembuhkan Penyakit Yang Anda Derita.

Formulator : Deddy kermit madjmoe
Hotline: 081324300415
Jl. Buyut Roda Gg.Polos No.84 Ciledug Cirebon Jawa Barat 45188

Pasien TIDAK MAMPU dan KURANG MAMPU Jangan TAKUT Untuk Berobat Pada Kami....!!!! Kami Tetap akan melayaninya.