14 April 2010

Mbah Priok

Sengketa lahan yang terjadi di area Makam Mbah Priok, Koja, Jakarta Utara, Rabu (14/4), menjadi tragedi berdarah. Hingga kini, dikabarkan telah 144 orang mengalami luka-luka dari kedua belah pihak. Namun, ternyata sengketa lahan antara ahli waris Habib Hasan Al Hadad alias Mbah Priok dengan PT Pelindo II sudah berlangsung lama.

Pada 1994, juga terjadi perseteruan antara ahli waris dibantu warga sekitar dengan Pihak PT Pelindo II. Saat itu warga menolak dipindah secara paksa oleh PT Pelindo, karena kawasan seluas 92 hektar yang dihuni ribuan warga itu akan dijadikan pelabuhan peti kemas. Apalagi PT Pelindo hanya memberi kompensasi sebesar 100 ribu rupiah per meter persegi. Alasan penggusuran adalah, status tanah berupa Eigendom Verfonding atau limpahan pemerintah kolonial Belanda, serta warga pun tak punya sertifikat tanah.


Kini, kejadian pun terulang kembali. Dengan diperkuat keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada tanggal 5 Juni 2002, yang memenangkan PT Pelindo II, lokasi makam tokoh yang dikeramatkan itu terancam dipindahkan. Namun, ahli waris tetap menentang, karena merasa memiliki lahan seluas 5,4 hektar tersebut secara turun temurun. Apalagi jika lahan yang mereka huni akan menjadi lokasi bisnis milik PT Pelindo II.

Meski sengketa belum jelas penyelesaiannya, tiba-tiba keluar instruksi Gubernur DKI Jakarta, yang isinya menertibkan semua bangunan yang ada di sekitar Makam Mbah Priok, yang disebut Gubernur sebagai bangunan liar. Bentrokan yang berujung maut ini patut disayangkan. Dulu Mbah Priok meninggal di kawasan Koja, karena berjuang melawan tentara Belanda. Kini PT Pelindo II, hendak merebut kembali lahan yang sama untuk membangun pelabuhan peti kemas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

trims telah berbagi apapun, mungkin saya yang salah dan anda yang lebih mengerti, jangan sungkan untuk mengkritik saya...oke !

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Racikan Obat Herbal
CAMPAKA KAROMAH Khusus Untuk Direbus/Godogan, Insyaallah Dapat Menyembuhkan Penyakit Yang Anda Derita.

Formulator : Deddy kermit madjmoe
Hotline: 081324300415
Jl. Buyut Roda Gg.Polos No.84 Ciledug Cirebon Jawa Barat 45188

Pasien TIDAK MAMPU dan KURANG MAMPU Jangan TAKUT Untuk Berobat Pada Kami....!!!! Kami Tetap akan melayaninya.