09 Maret 2009

SAVE OUR CISANGGARUNG

Longsor Hambat Jalur Cirebon-Kuningan
Rabu, 04 Maret 2009 , 17:29:00

CIREBON, (PRLM).-Jalur selatan Cikuning (Cirebon-Kuningan) longsor. Arus lalu lintas penghubung dari Kecamatan Waled (Cirebon) ke Luragung (Kuningan) barat lumpuh. Hujan lebat yang turun selama sepekan terakhir membuat lereng bukit Maneungteung, Desa Waled Asem longsor. Berbarengan dengan tingginya luapan Sungai Cisanggarung yang berada persis di dasar lereng.
Informasi yang dihimpun "PRLM", Rabu (4/3), akibat longsornya lereng Meneungteung, arus lalu lintas menjadi terganggu. Truk tronton pengangkut tanah urug untuk jalan tol Kanci-Pejagan terpaksa antri bila melalui daerah longsor.
Setengah bahu jalan, terutama lajur ke arah Cirebon, terkepras akibat dinding lereng yang longsor. Sejauh ini, belum ada penanganan darurat mengatasi longsoran.
Penanganan baru sebatas memberi tanda-tanda di lokasi longsor. Benteng penahan tanah dibuat seadanya hanya dengan bambu-bambu yang ditanam dan diberi tumpukan batu belah. Para pengguna jalan dan warga di perbatasan Cikuning rata-rata mengaku khawatir. Sebab longsoran masih mungkin makin parah dan bahu jalan yang tergerus bisa bertambah lebar.
Apalagi bila melihat lereng yang miring mendekati sudut 45 derajat. Ditambah tinggi lereng dari dasar yang berupa sungai dan atas berupa jalan, mencapai sekitar 50 meter lebih.
"Bila tidak ditangani lebih permanen, seluruh bahu jalan bisa terputus. Longsor sangat mungkin bertambah parah mengingat hujan masih terus turun dan sungai meluap," tutur Deddy Madjmoe, Ketua LSM Petakala Grage yang juga warga setempat.
Bila longsor yang panjangnya mencapai 30 meter lebih makin hebat, jalan Cikuning yang dibuat sejak jaman Belanda bisa terputus total. Itu berarti warga perbatasan harus memutar bila mau bepergian melintas batas kedua daerah.
"Setiap hari ribuan warga menggunakan jalan itu dengan berbagai kendaraan. Bila terputus, harus memutar sangat jauh karena satu-satunya penghubung perbatasan jalan itu," tutur dia. Di lereng Maneungteung, sejak musim hujan turun dan Cisanggarung meluap, terdapat sejumlah titik rawan longsor. Beberapa diantaranya berada di sepanjang jalan Cikuning tersebut.(A-93/A-50)**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

trims telah berbagi apapun, mungkin saya yang salah dan anda yang lebih mengerti, jangan sungkan untuk mengkritik saya...oke !

Greenpeace SEA-Indonesia
Racikan Obat Herbal
CAMPAKA KAROMAH Khusus Untuk Direbus/Godogan, Insyaallah Dapat Menyembuhkan Penyakit Yang Anda Derita.

Formulator : Deddy kermit madjmoe
Hotline: 081324300415
Jl. Buyut Roda Gg.Polos No.84 Ciledug Cirebon Jawa Barat 45188

Pasien TIDAK MAMPU dan KURANG MAMPU Jangan TAKUT Untuk Berobat Pada Kami....!!!! Kami Tetap akan melayaninya.