05 Mei 2010

Hari Ini 271.000 Artefak Dilelang




JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 271.000 benda muatan asal kapal tenggelam (BMKT) yang ditemukan di perairan utara Cirebon, Jawa Barat, akan dilelang hari ini. Pelelangan akan dilaksanakan pada pukul 14.00 bertempat di Ballroom, Gedung Minabahari III Lantai 1, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 16, Jakarta Pusat.
Seperti diwartakan, telah ditemukan sekitar 271.000 artefak dari sebuah kapal karam berusia lebih dari 1.000 tahun di perairan Laut Jawa berjarak 70 mil utara Cirebon. Harta karun yang ditemukan mencakup perhiasan seperti rubi, mutiara, perhiasan emas, batu, kristal Dinasti Fatimiya, pecah belah Iran, dan keramik-keramik China. Adapula sarung golok emas dan rock crystal yang diyakini milik anggota keluarga Nabi Muhammad SAW. Dari sekitar 271.000 artefak, 976 di antaranya menjadi koleksi negara yang dikelola oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Nilai barang-barang tersebut ditaksir mencapai Rp 760 miliar. 
Adapun pengangkatan BMKT telah dilakukan oleh pemburu harta karun asal Belgia, Luc Heymans. Perusahaan Heymans, Cosmix Underwater Research Ltd, dengan mitra lokalnya, PT Paradigma Putera Sejahtera, telah melakukan proses pengangkatan sejak Februari 2004 hingga Oktober 2005 dengan menghabiskan dana sekitar 10 juta dollar AS.
Sesuai dengan pengelolaan BMKT, artefak berhak dijual atau dilelang. Pelelangan berdasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 184 /PMK.06/2009 tentang Penanganan Status dan Penjualan BMKT. Nantinya hasil lelang tersebut akan dibagi sama rata, yaitu 50 persen bagi investor dan sisanya bagi kas negara.
Sayangnya, hingga kemarin, tak ada satu pun dari 20 peminat yang mendaftarkan nama atau menyetorkan jaminan uang sebesar 20 persen dari harga taksiran minimal. Padahal, pelelangan ini merupakan pelelangan resmi pertama kali yang dilakukan Pemerintah Republik Indonesia.
Sekretaris I Panitia Nasional BMKT Surdiman Saad menampik pihaknya kurang gencar memublikasikan pelelangan ini. "Kami telah mengabarkannya melalui media-media, bahkan media asing," kata Surdiman pada jumpa pers pelelangan, Selasa (4/5/2010 ).
Apabila sampai batas waktu pendaftaran tak ada peserta, kata Sudirman, lelang tetap berlangsung dengan sebutan lelang tidak ada peminat dan tak ada penjualan. Selanjutnya, panitia akan melakukan evaluasi untuk melaksanakan lelang kedua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

trims telah berbagi apapun, mungkin saya yang salah dan anda yang lebih mengerti, jangan sungkan untuk mengkritik saya...oke !

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Racikan Obat Herbal
CAMPAKA KAROMAH Khusus Untuk Direbus/Godogan, Insyaallah Dapat Menyembuhkan Penyakit Yang Anda Derita.

Formulator : Deddy kermit madjmoe
Hotline: 081324300415
Jl. Buyut Roda Gg.Polos No.84 Ciledug Cirebon Jawa Barat 45188

Pasien TIDAK MAMPU dan KURANG MAMPU Jangan TAKUT Untuk Berobat Pada Kami....!!!! Kami Tetap akan melayaninya.