05 Mei 2010

Keraton Cirebon Sesalkan Pelelangan Harta Karun


CIREBON - Meski mendapat reaksi keras dari sejumlah kalangan, pemerintah tetap melelang sekira 200 ribu lebih artefak berumur lebih dari 1.000 tahun, hari ini.
Harta karun itu diambil dari muatan kapal tenggelam di perairan Cirebon. Sejumlah barang muatan kapal tenggelam (BMKT) dari perairan Cirebon yang akan dilelang, antara lain, ribuan item harta karun yang terdiri dari keramik, batu rubby, emas, serta logam berharga lainnya yang diangkat oleh PT Paradigma Putra Sejahtera (PPs) yang mendapatkan izin pengangkatan di perairan Cirebon pada 2004.
Lelangan benda berharga peninggalan Dinasti Lima China sekira abad ke-10 Masehi tersebut mendapat reaksi dari keluarga besar Kesultanan Kasepuhan Cirebon. Mereka mengaku menyesalkan sikap pemerintah yang tetap melakukan pelelangan.
“Harta karun yang ditemukan di laut Cirebon, sebanyak 200.000 item lebih hanya 900 item yang disimpan di Kementerian Budaya dan Pariwisata. Harusnya semua item harus terwakili disimpan oleh negara,” ujar Sultan Sepuh XIV P R A Arief Natadiningrat, Selasa (4/5/2010).

Arief menilai pemerintah hanya melihat dari kepentingan ekonomi jangka pendek dan tidak melihat aspek sejarahnya. “Kami akan kehilangan barang-barang bernilai sejarah tinggi yang belum tentu ditemukan lagi. Sangat ironis, jika generasi penerus Indonesia, anak cucu kita, akan belajar sejarah bangsanya sendiri ke luar negeri,” kecam Arief.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

trims telah berbagi apapun, mungkin saya yang salah dan anda yang lebih mengerti, jangan sungkan untuk mengkritik saya...oke !

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Racikan Obat Herbal
CAMPAKA KAROMAH Khusus Untuk Direbus/Godogan, Insyaallah Dapat Menyembuhkan Penyakit Yang Anda Derita.

Formulator : Deddy kermit madjmoe
Hotline: 081324300415
Jl. Buyut Roda Gg.Polos No.84 Ciledug Cirebon Jawa Barat 45188

Pasien TIDAK MAMPU dan KURANG MAMPU Jangan TAKUT Untuk Berobat Pada Kami....!!!! Kami Tetap akan melayaninya.